NASI JAGUNG INSTAN

Dilatar belakangi dengan hasil pertanian yang melimpah namun harga jualnya yang kurang tinggi, maka seorang warga Desa Candisari memulai kreatifitas baru dengan mengolah jagung kering menjadi nasi jagung instant. Nasi jagung sudah lama dikonsumsi oleh penduduk warga desa kami sejak jaman dahulu dengan alasan ekonomi yang sulit. Nasi jagung bisa dikonsumsi dengan berbagai lauk, bisa hanya dengan kelapa parut, bisa dengan sayur dan lauk apapun, namun yang paling terkenal biasanya nasi jagung ini disajikan dengan sayur lompong, sayur yuyu, sayur asem, bothok, peyek, oseng-oseng gereh.

Dengan perkembangan sekarang nasi jagung banyak diminati oleh penduduk dengan berbagai alasan, ada yang alasan kesehatan , ada pula yang alasannya enak di makan dengan harga yang murah. Sekarang pun sudah banyak rumah makan yang khusus hanya menyediakan nasi jagung, bahkan di kecamatan Purwodadi Nasi jagung ini menjadi Kuliner Khas Kota Purwodadi.

Nasi Jagung Instans ini adalah bahan olahan dari jagung mentah menjadi bahan nasi jagung  yang sudah dikeringkan dengan cara tradisional artinya dengan proses sinar matahari. Inisiatif jnasi jagung instan ini muncul karena proses pembuatan nasi jagung itu sendiri memakan waktu yang relatif panjang dan lama, oleh karena itu untuk mempermudah persediaan nasi jagung di berbagai restoran/rumah makan maka terproduksilah nasi jagung instans.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan